WELCOME TO YOUR DIARY. MAY YOU GET WHAT YOU WANT. DO NOT FORGET YOUR COMMENTS CONTENT OR GUEST BOOK. THANK YOU FOR YOUR VISIT ...... SENI: Angklung

Selasa, 02 Agustus 2011

Angklung


SUASANA di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Jumat (29/7/2011) malam, benar-benar menahbiskan angklung sebagai alat musik tradisional Jawa Barat yang multipentas. Selain bisa dimainkan oleh siapa saja, alat musik ini juga bisa mengiringi hampir semua genre musik.

Bahkan ketika lagu berjudul Baby milik Justin Bieber dimainkan oleh siswa-siswi SMPN 2 Bandung menggunakan angklung, aplaus tepuk tangan dari sekitar lima ribu hadirin seperti para pejabat dan staf pegawai instansi Pemprov Jabar langsung menggema.

Penampilan tersebut merupakan bagian dari acara Malam Apresiasi Angklung di peringatan ulang tahun ke-66 Provinsi Jabar. Selain melantunkan lagu milik penyanyi idola remaja dunia saat ini, grup angklung dari SMPN 2 Bandung yang terdiri atas 40 anak itu juga melantunkan lagu Mission Imposible dan Just The Way You Are yang dipopulerkan Bru No Mars.

"Untuk pentas ini, kami hanya latihan sehari. Soalnya kami semua mengikuti ekstrakurikuler seni angklung di sekolah," tutur Hasna, yang didampingi Jehan, rekannya belajar angkung sejak kelas 7, Jumat (29/7).

Selain itu, angklung pun bisa dimainkan oleh anak-anak yang masih duduk di bangku taman kanak-kanak, seperti ditunjukkan anak-anak dari Taman Kanak-kanak Bianglala Kota Bandung yang memainkan angklung dengan membawakan lagu Gaduh Hiji Boneka dan Twinkle Twinkle Little Star. Anak-anak SD Isola juga menampilkan permainan angklung dengan kostum anak-anak pedesaan.

Tak hanya itu, pementasan angklung terus berlanjut dengan menampilkan siswa-siswi SMAN 3 yang membawakan lagu-lagu barat pop dan jazz klasik. Lalu dari kalangan mahasiswa pun hadir menampilkan permainan angklung.

Para mahasiswa tersebut merupakan anggota grup angklung dari UPI. Mereka melantunkan lagu Mojang Priangan. Di ujung penampilan ini pun para mahasiswa berhasil mengajak istri Gubernur Jabar, Netty Heryawan, menyanyikan lagu Warung Pojok.

Setelah itu big screen yang berada di latar panggung menampilkan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan yang memaparkan pentingnya angklung sekarang ini. Kepala Dinas Pariwisata Jabar Herdiwan pun tampil di big screen dan mengucapkan terima kasih kepada Daeng Udjo.

Kemudian big screen menampilkan suasana angklung saat dimainkan oleh 5.185 orang dari berbagai suku bangsa di Washington DC, Amerika Serikat, belum lama ini. Pentas kolosal itu dipimpin langsung oleh Daeng Oktafiandi Udjo sehingga berhasil tercatat di buku rekor dunia pada Guinness Book World of Records.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar